Senin, 19 Juli 2021

MANFAAT MEDIA DALAM STUDI PEMBELAJARAN

Manfaat media dalam pembelajaran tentu sangat membantu teruntuk perkembangan pembelajaran yang dihadapi terkhusus untuk pelajar. Media sendiri diatur berdasarkan kompetensi dasar belajar, materi, dan tentunya karakteristik siswa.

Guru sendiri selaku kreator yang mengajak pelajar tentunya berperan aktif untuk nantinya menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat dan secara efisien dianggap menyenangkan bagi pelajar.

Konsep belajar sendiri tentunya sudah mendekati paradigma konstruktivisme dimana menurut paham tersebut belajar merupakan konstruksi diri sebagai hasil interaksinya terhadap lingkungan belajar. Dimana hal tersebut dapat disimpulkan bahwa prinsip medua sebagai pembelajaran terkhusus pelajar menempati posisi yang sangat strategis dalam mewujudkan bibit belajar secara optimal (Karo-Karo & Rohani, 2018).

Di era yang sedemikian rupa pelajaran dalam bentuk verbal atau hanya sekedar ucapan tentu sangat menarik akan tetapi lebih menarik lagi bila disajikan dalam bentuk yang kreatif seperti halnya media film. Dengan film tentu pelajaran atau makna yang ingin disampaikan kepada pelajar tentu akan diolah dan menjadi bentuk belajar khususnya pelajar agar otak tidak terlalu menangkap materi secara monoton melainkan dengan sajian yang cukup kreatif dimana film dianggap sebagai media penyampai pesan yang memiliki pengaruh besar terhadap khalayak.

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dalam penggunaan film sebagai media untuk menyampaikan pelajaran terhadap anak didik. Di antara keuntungan atau manfaat film sebagai media pengajaran, antara lain (1) film dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses pembuatan keterampilan tangan dan sebagainya, (2) dapat menimbulkan kesan ruang dan waktu, (3) penggambarannya bersifat 3 dimensional, (4) suara yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi murni, (5) dapat menyampaikan suara seorang ahli sekaligus melihat penampilannya, (6) kalau film tersebut berwarna akan dapat menambah realita objek yang diperagakan, dan (7) dapat menggambarkan teori sains dan animasi (Handayani, 2006).

Dengan begini tentu dapat disimpulkan dengan era yang kian maju tentunya penggunaan film sangat mendukung serta memobilisasi pelajar atau anak agar nantinya dapat secara aktif berperan penting terutama dikehidupan sosial yang aktif dan kreatif.

DAFTAR PUSTAKA

Handayani, M. A. (2006). Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(2), 176–186. https://doi.org/10.24090/insania.v11i2.166

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778


Tidak ada komentar:

Posting Komentar